Jumat, 06 April 2012

Cara Membuat Goal Setting

Jumat, April 06, 2012


BINGUNG buat rencana hidup? buatlah goal setting rencana hidup anda sekarang. baca tipsnya di sini...
MEMBUAT GOAL SETTING


Halo sobat semua apakabar hari ini ? semoga tetap luar biasa ya… sekarang baru sempat publish lagi tulisan saya. Kali ini saya melanjutkan dari tulisan saya sebelumnya Goals Setting. Apakah anda sudah membuat goals setting atau target dalam hidup anda saat ini ?
Disini saya ingin sharing bagaimana membuat target dengan mudah, ini khususnya bagi anda yang saat ini masih belum punya target dan masing mikir2 apa ya target saya sebenarnya ?
 Bisa saja target dalam pekerjaan, dalam bisnis atau dalam menghadapi tahun 2009 ini atau bisa juga jangka panjang.
Pedoman Menyusun Goals bisa dengan Metode SMART.
Specific : Target harus bersifat spesifik dan terfokus. Contoh: “memiliki / membangun rumah sendiri”
Measurable: Target bersifat terukur. Contoh: “mencapai bonus/penghasilan sebesar Rp 10 juta/bulan”
Achievable : Target yang telah ditetapkan merupakan hal yang realistis dan dapat dicapai.
Relevant : Target yang dipilih sebaiknya relevan dan berkaitan dengan kapabilitas Anda
Time : Waktu untuk mencapai target tersebut / deadline. Contoh: “Bulan Juni 2009 bisa dapat bonus/berpenghasilan 10 juta perbulan”
Nah sekarang saya kasih tips cara mudah buat target, semoga bisa membantu. Tapi sebaiknya kalau mau mencoba langsung dipraktekkan ambil pulpen dan kertas.
Sekarang coba anda tuliskan 2 target anda atau apa yang anda impikan dalam hidup ini yang penting menurut anda. Itu langkah pertama.
Langkah kedua tuliskan kembali 2 target yang menurut anda kurang penting. Tentunya ada beberapa impian jadi tadi yang penting ini yang kurang penting.
Langkah ketiga tuliskan impian anda yang tidak penting menurut anda, dari sekian banyak target tadi sekarang yang tidak pentingpun silahkan dituliskan.
Oke jika ketiga langkah tadi sudah anda tuliskan, maka total saat ini ada 6 target di kertas yang anda tulis. dari ke-6 target tersebut coba lihat dan baca kembali dengan teliti, perhatikan apakah benar target yang sudah ditulis itu sesuai dengan kategorinya. Karena bisa jadi yang tadi anda tulis tidak peting ternyata itu cukup penting dan yang anda pikir penting ternyata itu malah kurang penting. Sekarang anda tuliskan angka dari setiap target tersebut diurut dari nomor 1 yang paling penting sampai nomor 6 yang tidak penting.
Jika sudah dibuat urutan angkanya 1-6 sekarang buang / coret nomor 5 dan 6 sehingga tinggal 4 target yang tersisa. Kembali perhatikan dengan teliti apakah urutannya sekarang masih sama ? apakah yang nomor 1 tetap itu yang terpenting menurut anda dan begitu seterusnya ? Jika mau dikoreksi silahkan, bisa saja yg tadi nomor 2 menjadi nomor 1 sekarang. tapi kalau tidak ada yang berubah ya gak apa juga.
Lanjut sekarang coret 1 lagi untuk nomor 4 sehingga sekarang tersisa 3 target anda. Nah itulah target anda yang harus anda kejar saat ini. Lebih menariknya coba anda buat 1 kalimat dengan ke-3 target tersebut. Yah bisalah dirangkai dengan bahasa anda sendiri, kan anda orang yang kreatif. Misal kalau target anda pertama punya penghasilan 10 juta sebulan, target kedua mau beli mobil dan ketiga liburan bersama keluarga ke luar negeri setiap tahun. Bisa dibuat target saya: Berpenghasilan 10 juta sebulan kemudian membeli mobil baru dan bisa liburan bersama keluarga ke luar negeri setiap tahun.
Nah sudah selesai tuh target anda, mudah bukan… sekarang tinggal menentukan waktu kapan target itu akan anda capai, seperti yang sudah disampaikan gunakan metode SMART.
Semoga bermanfaat dan semoga target anda bisa tercapai, Amin.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 BUKU CATATAN MEDIA. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top